Selasa, 29 Maret 2016

Antara Aku dan Ikan


Pempek ceknimas
Hampir di sepanjang hidupku, aku tinggal di daerah yang mudah mendapatkan ikan laut, meski tidak selalu di dekat pesisir.

Specially Pangkalpinang... di sanalah "surga" seafood bagiku. Mau makan ikan laut sampai bosan juga monggo... Di sana mudah sekali mendapat ikan laut yang masih segar, ketika dibakar rasanya manis.... yummi..... Mau produk olahannya juga banyak, ada kemplang, getas, dan lain sebagainya.

Pun ketika tinggal di Pondokgede. Meski jauh dari laut, masih mudah bagiku mendapatkan ikan laut. Yah... namanya juga mepet Jakarta, apa coba yang nggak ada di sana?

Konon katanya, makan ikan itu bikin pintar. Nyatanya kandungan gizi ikan laut memang sungguh menakjubkan. Di bawah ini datanya, kuambil dari 

http://penyuluhankelautanperikanan.blogspot.co.id/2012/06/kandungan-gizi-pada-ikan.html

KANDUNGAN GIZI PADA IKAN

Kandungan gizi yang terdapat pada ikan, antara lain:

A. Protein
  1. Kandungan protein ikan lebih tinggi dari protein serealia dikacang-kacangan, setara dengan daging, sedikit dibawah telur.
  2. Protein ikan sangat mudah dicerna, sehingga baik bagi balita yang system pencernaannya belum sesempuna orang dewasa.
  3. Protein ikan mengandung berbagai asam amino dalam bentuk yang mendekati asam amino didalam tubuh manusia. Komposisi asam amino protein ikan juga lebih lengkap dibanding bahan makanan lain, salah satunya taurin, sangat bermanfaat merangsang pertumbuhan sel otak balita.
B. Lemak
  1. Asam lemak ikan merupakan asam lemak essensial yang sifatnya tidak jenuh. Asam lemak tidak jenuh sangat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan menjaga kestabilan kadar kolesterol.
  2. Beberapa ikan yang berasal dari laut dalam seperti salmon, tuna, sarden dan makarel, mengandung asam lemak yang tergabung dalam kelompok asam lemak omega 3. Yang paling dominan dari kelompok ini adalah asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA). Keduanya bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak sikecil

C. Vitamin
  1. Vitamin A : banyak terdapat pada minyak hati ikan bermanfaat mencegah kebutaan pada anak.
  2. Vitamin D : selain  terdapat dalam daging ikan, juga pada telur serta minyak hati ikan. Vitamin ini penting bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang.
  3. Vitamin B6 : membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf.
  4. Vitamin B 12 bermanfaat dalam pembentukan sel-sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf

D. Mineral
  1. Zat besi: jauh lebih mudah diserap tubuh ketimbang dari sumber lain seperti serealia atau kacang-kacangan. Zat besi membantu mencegah terjadinya anemia.
  2. Yodium: mencegah terjadinya penyakit  gondok serta hambatan pertumbuhan anak, bahkan juga kecerdasannya.
  3. Selenium: berperan membantu metabolisme tubuh dan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan bisa mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti jantung koroner.
  4. Seng: membantu kerja enzim dan hormone.
  5. Fluor: menguatkan serta menyehatkan gigi skecil.
Masalahnya, kini aku tinggal di daerah yang susah untuk mendapatkan ikan laut. Kalaupun ada harganya mihil... setiap berbelanja ke sana aku harus menghitung kancing dulu. Beli...nggak...beli...nggak :D

So, sebagai ibu rumah tangga yang "belajar menjadi" baik, aku putar otak. Bagaimana caranya agar keempat bintang kecilku tetap bisa mengkonsumsi dan mendapatkan manfaat dari ikan laut. Dan.......

Taraaaaa..... kutemukan produk olahan ikan yang terjamin halal, thoyyib karena tanpa MSG buatan dan pengawet, serta rasanya enak. Untuk frozen seafood, Variannya banyak, ada sosis, nugget, otak-otak, siomay, dsb. Dan kini, kutemukan juga crispy ikan yang renyah, juga pempek CekNimas yang nikmat senikmat rasa pempek asli Palembang.

Nggak cuma nyetok untuk keluarga sendiri, karena aku juga ingin keluarga lain mendapat manfaat dari makan ikan. Jadi, yang minat hubungi aku, ya... soal harga jangan kuatir, aku pun masih sama dengan para ibu yang inginnya hemat^^

So, makan ikan gak harus ngitung kancing dulu ;) Tetap sehat, tetap semangat, biar bisa berkarya terus untuk kemaslahatan ummat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar