Rabu, 27 Februari 2013

At Last I Know : Bendera Islam

Dahulu kala, saya pernah berpikir bahwa bendera Islam adalah bendera hijau bergambar bulan sabit. Di waktu yang lain, saya juga sempat menyangka bahwa bendera Islam adalah bendera hijau bertuliskan syahadatain dengan gambar pedang di bawahnya....yup, saya menyangka bendera Arab saudi adalah benderanya ummat Islam :)

Kemudian ketika kuliah di Bogor, saya membaca satu buku berjudul "Akar Nasionalisme di Dunia Islam" terbitan Al-Izzah, karya Shabir Ahmed. Bukannya promo buku, lho... tapi asli buku itu ngena banget ke saya yang awam kala itu. Dalam halaman terakhirnya Beliau mencantumkan profil bendera Rasulullah, benderanya kaum muslimin.

Eng...ing...eng, apa yang saya ketahui selama ini ternyata meleset dari kebenaran! Ternyata bendera Islam itu adalah dua buah bendera sederhana berwarna hitam dan putih, keduanya bertuliskan lafadz syahadatain...hanya itu, tanpa embel-embel gambar pedang atau yang lainnya :) 

Bendera yang berwarna hitam dinamakan 'Ar-Roya', lafadz syahadatain dituliskn dengan warna putih di tengahnya. Bendera itu digunakan oleh pasukan kaun muslimin sebagai panji untuk berjihad. Sedangkan yang berwarna putih dinamakan 'Al-Liwa', dengan tulisan syahadatain berwarna hitam. Al-Liwa dipakai sebagai bendera Daulah Islam. (terdapat di dalam Musnad Imam Ahmad dan Tirmidzi, melalui jalur Ibnu Abbas. Imam Thabrani meriwayatkannya melalui jalur Buraidah al-Aslami, sedangkan Ibnu ‘Adi melalui jalur Abu Hurairah).

"Rayahnya (panji peperangan) Rasul SAW berwarna hitam, sedang benderanya (liwa-nya) berwarna putih". (HR. Thabrani, Hakim, dan Ibnu Majah)

كَانَتْ رَايَةُ رَسُوْلِ اللهِ –صلعم- سَوْدَاءَ وَلِوَاؤُهُ أَبْيَضَ

Panji (rayah) Nabi saw berwarna hitam, sedangkan liwa-nya (benderanya) berwarna putih.
Alhamdulillah...akhirnya saya tau bendera Islam, bendera yang sudah seharusnya kita kenal dan kita banggakan ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar